mas baim
Dirjen PAUDNI: Jabatan Itu Amanah

JAKARTA. Jabatan adalah amanah sehingga harus dipegang teguh dan dilaksanakan secara profesional dan bertanggung jawab.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, pada saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 49 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Ditjen PAUDNI, di Jakarta, Jumat (5/4).



Selain itu, katanya, ada empat hal penting yang menjadi perhatian seluruh pejabat di Ditjen PAUDNI. Pertama, tetap memegang teguh tiga kunci utama pelaksanaan tugas yang menjadi pegangan yaitu komitmen, integritas, dan loyalitas.

Kedua, kemampuan dalam menjabarkan kebijakan pimpinan, penguasaan bidang tugas, serta kepekaan mengidentifikasi masalah dan memecahkan masalah dengan baik, cepat, dan tepat serta kemampuan mengambil langkah antisipatif terkait dengan tugas dan tanggung jawab.

Ketiga, tambahnya, pejabat harus mampu memacu semua staf di unit kerjanya agar dapat meningkatkan kinerja dan kompetensi sesuai tuntutan organisasi yang semakin komplek.

Keempat, sebagai seorang pimpinan harus mampu membimbing dan membina terhadap staf yang potensial agar proses kaderiasai dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan organisasi.

“Dengan kemampuan dan kepekaan tersebut, kendala pelaksanaan program dapat pula diidentifikasi sedini mungkin,” ujar Guru Besar Psikologi Anak di Universitas Indonesia itu.

 

0 Responses

Posting Komentar