mas baim
Dirjen PAUDNI: Ibu, Pendidik Pertama Anak

SIMALUNGUN. Dirjen PAUDNI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog, menegaskan pendidik pertama anak adalah ibu sehingga peranan ibu sangat menentukan berhasil tidaknya anak di masa depan“Untuk itu, jika memang ada Ibu yang berkomitmen memilih pekerjaan di luar rumah, dan memilih orang lain untuk pendidikan anaknya hendaknya lebih dulu mengutamakan kepentingan anak,” katanya pada Seminar Penyelenggara PAUD di Parapat, Senin (26/08).

Caranya, tambah Dirjen yang didampingi Direktur Pembinaan PAUD Dr. Erman Syamsudin dan Bunda PAUD Kabupaten Simalungun Ny. Erunita JR Saragih, para ibu bisa menyakinkan lebih dulu  kesiapan anak baik secara fisik, sosial,maupun kecerdasan emosinya. “Jadi sebelum dititipkan mereka sudah siap. Jangan sampai  anak lain siap sementara anak kita tidak. Jadi saya harap  jadikanlah kita sebagai Ibu yang bisa menjadi kebanggaan anaknya,” kata Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psikolog.

Selain itu, bagi ibu yang bekerja di luar rumah memiliki multiperan sehingga bisa lebih baik tapi lebih dulu memastikan kalau ibu memiliki keterampilan menyelesaikan masalah sehingga tidak berantakan.

Dirjen juga mengajak kepada para ibu yang bekerja di luar rumah harus bisa menyelesaikan lebih dulu tugas-tugasnya di rumah. Jangan karena gaji lebih besar dari suami, tugas itu diabaikan. “Kita tetap menyiapkan segala keperluan suami karena harus ingat bahwa Indonesia itu adalah patrealistik,” tambah Dirjen.

Hal lain yang diperhatikan ibu adalah pada usia anak 0-6 tahun, jadikanlah anak sebagai raja sehingga kita harus mengikuti semua keinginannya, jangan banyak melarang terhadap anak Balita, karena masa usia itu adalah masa yang paling indah. Tapi begitu usia anak 7-14 tahun, para ibu mulai menerapkan aturan-aturan.

“Semua aturan harus dibuat mulai dari ganti baju dan cuci kaki kalau mau tidur, cuci tangan sebelum makan, gosok gigi dan lain-lain. Karena usia itu masa kritis sehingga anak harus patuh terhadap aturan yang dibuat kalau tidak, kelak anak akan tidak punya aturan.

 

0 Responses

Posting Komentar