mas baim
2,8 Milyar Untuk Program PAUDNI Di Kabupaten Wajo

WAJO. Pandu Gerbang Kampung adalah upaya pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan melalui koordinasi, sinergi dan sinkronisasi program pembangunan dari Kementerian dan Lembaga (K/L), Provinsi, Kabupaten/Kota, partisipasi BUMN serta peran masyarakat serta swasta lainnya lewat CSR. Pensinergian dirasa akan lebih efektif oleh pemerintah.

“Selain untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, program ini  juga dimaksudkan untuk percepatan pembangunan daerah ini kedepannya akan mencapai seluruh provinsi di Indonesia,” Ungkap Menko Kesra HR Agung Laksono. Hal tersebut disampaikan Menko Kesra saat meresmikan Pilot Project Program Nasional Terpadu Gerakan Membangun Kampung (Pandu Gerbang Kampung) untuk Kabupaten Wajo, Minggu (29/9/2013).

Dalam sambutannya, Menko Kesra Agung Laksono berharap program ini bisa mendorong berbagai pihak untuk menyatupadukan program dan kegiatan kesatu sasaran kampung atau desa sehingga akan terlihat hasilnya lebih cepat dibandingkan berjalan sendiri. Keberhasilan Pandu Gerbang Kampung juga diharapkan menjadi model bagi kampung atau desa lainnya yang dilanjutkan oleh para Bupati di daerah masing-masing.

Untuk kabupaten Wajo, Ditjen PAUDNI menyalurkan bantuan sebesar Rp 2,84 miliar. Sebanyak 1,80 miliar dari jumlah tersebut diberikan untuk penyediaan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI. Bentuknya berupa tunjangan profesi guru TK sebesar Rp 1,51 miliar, dan tunjangan fungsional untuk 474 guru TK serta insentif tenaga pendidik PAUD di Wajo, senilai Rp 372 juta.

Sedangkan untuk peningkatan layanan PAUD di Wajo, Ditjen PAUDNI menyalurkan bantuan sebesar Rp 968 juta. Sebanyak 748 juta dari bantuan tersebut, digunakan untuk Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD untuk 104 lembaga. Selain itu, Ditjen PAUDNI juga memberikan bantuan untuk program kursus dan pelatihan senilai Rp 72 juta. akan digunakan untuk program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat untuk 30 peserta didik. (Teguh Susanto/HK)

 

0 Responses

Posting Komentar