mas baim
Ditjen PAUDNI Dukung Program TMMD

TAKALAR. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Takalar sebesar Rp 139,5 Miliar pada tahun anggaran 2013. Penyerahan bantuan tersebut disinergikan dengan Pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-91.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian, Sekretariat Direktorat Jenderal PAUDNI Ir. Agus Pranoto Basuki M.Pd kepada Komandan Kodim 1426 Takalar, Letkol Andi M. Ali akhir pekan lalu di Lapangan Makkatang Karaeng Sibali Takalar. Penyerahan bantuan turut disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, dan Panglima Kodam VII Wirabuana.

Bantuan Kemdikbud untuk Kabupaten Takalar, provinsi Sulawesi Selatan terdiri dari dana bantuan melalui transfer daerah sebesar Rp 122,5 miliar. Jumlah tersebut meliputi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP, tunjangan profesi guru PNS daerah, dan tambahan penghasilan guru PNS daerah.

Selain itu, terdapat bantuan melalui APBN Kemdikbud sebesar Rp 17 miliar. Bantuan tersebut terdiri dari BOS SMA/SMK, bantuan siswa miskin SD, SMP, SMA, SMK, bantuan kualifikasi guru, pembangunan ruang kelas baru SMP, rehabilitasi ruang kelas SMP, dan bantuan layanan PAUDNI. Ditjen PAUDNI juga memberikan Alat Permainan Edukatif (APE) PAUD.

KSAD Jenderal Budiman menyambut baik dukungan dan bantuan dari berbagai kementerian/lembaga. Ia menyatakan seluruh prajurit TNI-Angkatan Darat siap bekerja sama dengan pemerintah daerah dan kementerian lembaga untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. “TNI Siap bersinergi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama di daerah pedesaan,” ucap KSAD saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD, (9/10).

TMMD merupakan program TNI AD yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.  TMMD ke-91 akan dilaksanakan hingga 29 Oktober 2013. Sebagian besar wilayah yang dipilih menjadi lokasi TMMD merupakan daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, serta daerah yang terkena bencana alam. Pada program tersebut, TNI-AD bersama masyarakat, pemerintah daerah dan kementerian/lembaga bersama-sama membangun desa, baik fisik maupun nonfisik. (Yohan Rubiyantoro/HK)

 

0 Responses

Posting Komentar